Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Informasi seputar bagaimana tips memulai bisnis online untuk pemula tentu dibutuhkan oleh Anda sekarang ini yang ingin menekuninya. Apalagi, bisnis online di era digital seperti sekarang menjadi sebuah keharusan yang dilakukan para pengusaha. Selain dari produk utamanya yaitu bisnis offline.


Bisnis online sebenarnya sangat mudah dilakukan. Ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi yang sangat mendukung ekosistem bisnis digital. Walaupun ada begitu banyak jenis bisnis yang ada sekarang, Namun ternyata tidak sedikit pula orang yang kebingungan Bagaimana cara memulainya. 

Hal ini disebabkan pengalaman yang masih minim serta kemampuan secara finansial yang belum memadai. Oleh karenanya, saya akan membahas tentang bagaimana cara memulai bisnis online untuk pemula.


Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula yang Menguntungkan

Sebelum menjual produk, ada tips memulai bisnis online untuk pemula yang harus dilakukan bagi yang ingin berbisnis tanpa modal seperti berikut:

Menentukan Platform Tempat Berjualan

Sekarang ini tersedia beberapa platform untuk bisnis online misalnya media sosial dan e-commerce. Meskipun demikian, penting juga agar menyesuaikan jenis produk dengan Di mana tempat penjualan supaya semakin maksimal.

Contohnya, jika berjualan produk yang cenderung untuk anak muda maka bisa menggunakan medsos seperti Instagram atau Tik Tok. Jika targetnya orang tua, bisa menggunakan Facebook, whatsapp dan sebagainya.

Mencari Distributor atau Supplier Terpercaya

Jangan khawatir jika ingin memulai bisnis online tanpa modal karena Anda bisa menjadi reseller atau menjual produk orang lain. Ada supplier yang menerapkan sistem dropship dimana Anda hanya perlu menerima orderan dan kemudian disampaikan ke supplier. Selanjutnya, mereka akan mengurusi pengemasannya. 

Sebaiknya, Anda memperoleh barang dari supplier tangan pertama. Pastikan juga untuk memperolehnya dari supplier terpercaya supaya terhindar dari penipuan.


Mengatur tampilan desain toko online

Aspek penting lainnya yaitu mengatur tampilan dan desain toko online agar meningkatkan brand awareness. Di samping itu, pembeli juga akan memperoleh visual menyenangkan ketika berkunjung dan meningkatkan kemungkinan pembelian.

Tips memulai bisnis online untuk pemula ini harus menyesuaikan desain toko dengan produk yang dijual. Contohnya, jika ingin menjual produk baju atau perlengkapan bayi. Maka, sesuaikanlah desain toko online dengan tema anak-anak atau bayi dengan warna-warni cerah cerah.

Menambahkan Produk di Halaman Toko

Setelah menemukan platform, tema, dan desain Anda sekarang bisa memulai untuk menambah foto produk. Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan agar kelihatan bagus seperti Foto produk yang profesional, memberikan promo atau diskon, serta deskripsi produk. Pastikan Anda memperhatikan beberapa hal ini supaya semakin menarik minat pengunjung.

Rajin Promosi Produk

Tips memulai bisnis online untuk pemula lainnya yaitu rajin promosi. Konsep dan tampilan bagus pada sebuah toko online akan sia-sia jika orang-orang tidak tahu adanya bisnis Anda. Oleh karena itu, rajin-rajinlah untuk promosi toko Anda di media sosial. Ada banyak platform yang bisa Anda manfaatkan.

Misalnya, menggunakan filter instastory, Facebook Story atau Whatsapp untuk melakukan update produk supaya semakin banyak orang yang berminat. Buat konten baik video maupun foto semenarik mungkin supaya semakin banyak orang penasaran.

Anda juga bisa memberikan beberapa aspek menarik lain. Contohnya gimmick-gimmick marketing, potongan harga maupun bonus jika membeli dalam jumlah tertentu. Kecenderungan konsumen, jika diberikan promo atau diskon tentu akan tertarik membeli.

Dengan menerapkan tips memulai bisnis online untuk pemula di atas, bisnis online Anda bisa semakin menghasilkan dan menguntungkan. Hal yang penting adalah optimis, semangat dan pantang menyerah setelah melakukan berbagai usaha.