Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Foto di Pantai Dengan HP Supaya Makin Keren

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Informasi bagaimana tips foto di pantai dengan HP mungkin diperlukan oleh Anda sekarang ini yang ingin atau sedang berwisata di sana. Banyak orang pasti pernah jalan-jalan sambil berfoto. Rata-rata yang diambil kebanyakan bukan dilihat dari segi keindahan pantai melainkan foto sendiri memenuhi frame hingga pantainya tidak kelihatan.


Berwisata ke pantai memang sangat menyenangkan. Anda dapat menikmati keindahan suasana pemandangan dan di saat yang sama dibelai dengan angin sepoi-sepoi. Momen-momen di sana sangat sayang untuk dilewatkan dan harus diabadikan di handphone untuk diunggah ke sosial media ataupun disimpan di memori.

Namun, yang sering kali terjadi adalah cara pengambilan gambar yang tidak bagus karena tidak memahami bagaimana teknik berfoto di pantai. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagaimana tips berfoto di pantai supaya menghasilkan jepretan maksimal.

 

Tips Foto di Pantai dengan HP Supaya Hasilnya Lebih Maksimal 

Mengambil foto di pantai jika dilakukan dengan sudut pengambilan dan waktu yang tepat, akan membuahkan hasil yang sangat memukau. Supaya hasil jepretan Anda lebih menarik dan anti mainstream bisa mencoba tips foto di pantai dengan HP ini:

  • Memotret Ketika Matahari Terbit atau Tenggelam

Momen bagus ketika memotret dengan sudut landscape ada dua, yaitu saat di pagi hari dan sore. Ini juga berlaku jika Anda ingin mengambil foto di pantai. Kedua waktu tersebut punya hasil akhir yang akan sangat berkesan.

Ketika matahari terbit atau yang disebut dengan sunrise atau terbenam dinamakan dengan sunset akan memberikan kesan dramatis. Dua waktu tersebut selalu menjadi incaran karena fotografer pantai dan landscaper.

Memang, perlu sedikit usaha untuk menunggu waktu atau momen-momen tersebut. Namun jika Anda mencobanya, akan mendapatkan bahwa usaha tersebut tidak akan berakhir sia-sia dan terbayarnya hasil foto sunrise atau sunset pantai yang mengagumkan.

  • Memanfaatkan Shutter Speed Lambat

Foto-foto slow speed menjadi idola ketika dipamerkan di media sosial dan umumnya orang-orang akan lebih tertarik dengan nuansa air yang kelihatan tenang atau lembut seperti kapas. Teknik memotret dengan slow speed ini cocok untuk Anda terapkan ketika sedang berwisata di pantai.

Tentu saja Anda harus mempunyai beberapa peralatan penting misalnya tripod agar mendukung proses pengambilan gambar. Anda jangan kaget kalau nanti saat menerapkan teknik ini akan mendapatkan banyak like di akun sosial media favorit.

  • Memperhatikan Foreground dan Background

Tips foto di pantai dengan HP yang berikutnya yaitu dengan memperhatikan foreground dan background. Pemilihan yang tepat akan mempengaruhi kualitas keseluruhan fotonya.

Pastikan Anda memilih objek menarik. Contohnya, hamparan pasir putih dan air laut yang jernih dapat menjadi latar belakang yang sangat cantik. Sementara itu, bebatuan karang dapat menjadi program unik apabila dekomposisikan secara tepat. 

  • Mengambil Foto Dari Udara

Pemanfaatan drone sekarang ini semakin populer untuk mengambil foto di pantai. Jika Anda memilikinya, jangan disia-siakan untuk mengambil kesempatan foto dari sudut atas udara. 

Memang, harga drone ini tidak dapat dibilang murah apalagi untuk tujuan fotografi. Jadi, jika Anda punya budget lebih boleh saja untuk membelinya apabila memang sangat mencintai fotografi menggunakan media drone tersebut. Tapi jika tidak punya, mungkin meminjam dari rekanan atau menyewa bisa menjadi opsi yang bagus. 

  • Berfoto Tanpa Pantai, Memenuhi Frame Dengan Objek Khas Laut

Tips foto di pantai dengan HP yang satu ini dapat dibilang unik. Anda dapat menimbulkan kesan pantai dan laut tanpa harus menghadirkannya dalam foto. Caranya, dengan mengambil berbagai objek khas yang umumnya hanya ada di pantai saja.

Contohnya, Anda bisa mengambil gambar bintang laut yang terdampar di pesisir. Sebelah untuk membuat frame foto dengan objek tersebut. Meskipun kelihatan sederhana, namun akan sangat memberikan kesan pada gambar yang diambil.

  • Mengambil Gambar Ombak dan Cipratan Air Dari Sudut Berbeda

Tips foto di pantai dengan HP yang selanjutnya yaitu memotret ombak dan cipratan air dengan sudut pandang berbeda. Ini memang sedikit memerlukan usaha lebih demi mendapatkan kualitas jepretan terbaik. Anda tetap harus berhati-hati dengan kamera yang dipakai.

Terutama, jika memang tidak tahan dengan cipratan atau tidak mempunyai casing khusus anti air. Jangan sampai keinginan Anda mengambil gambar secara unik harus dibayar mahal ketika handphone juga rusak atau terjatuh.

  • Menambahkan Model di Foto

Pada poin yang satu ini pastinya sudah banyak yang melakukan bukan? Pemandangan indah pantai yang ditambah dengan model cantik atau ganteng akan membuat orang yang melihatnya jadi terkagum-kagum. Kenakan juga outfit yang pas dengan suasana pantai. Biasanya, warna baju yang cerah akan semakin membuat foto kelihatan bagus.

  • Mengambil Foto Aktivitas Nelayan 

Tips foto di pantai dengan HP selanjutnya, Anda dapat mengambil aktivitas masyarakat sekitar atau nelayan. Objek ini menjadi salah satu yang cukup bagus jika diiringi dengan pencahayaan serta sudut pengambilan gambar yang berkesan. Kearifan masyarakat sekitar dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, bisa menjadi inspirasi bagi siapapun yang melihatnya agar lebih mensyukuri kehidupan.

  • Memanfaatkan Refleksi Air Laut

Refleksi atau pantulan yang berasal dari air laut ketika diambil gambarnya, akan sangat bagus. Hasil akhir yang timbul akan semakin dramatis dan fotogenik jika saat suasana sunset atau sunrise. Semakin Anda kreatif, maka hasil akhir yang diperoleh akan semakin menakjubkan dan keren.

Berbagai tips foto di pantai dengan HP yang telah disebutkan akan membuat Anda punya hasil jepretan semakin keren untuk dibagikan ke sosial media. Hal yang penting juga perhatikan kualitas handphone memadai. Semoga bermanfaat!