Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ilmu Dasar Bisnis Online Untuk Pemula

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Banyak pemula-pemula yang masih ingin belajar memiliki lapak online atau bisnis online, tetapi banyak juga yang tidak tahu kalau yang namanya online itu sendiri mempunya ilmu.


Pada arikel kali ini akan membahas 5 ilmu dasar tentang berjualan online atau bisnis online. Disini juga akan menjabarkan apa saja sih ilmu yang paling basic untuk pemula ketika akan memulai sebuah bisnis online.  

1. Harus Memiliki E-Commers 

Memiliki seuah E-Commers disini artinya anda harus memiliki sebuah akun atau toko  di sebuah  marketplace. Jadi disini anda bisa memiliki lapak secara gratis di marketplace tersebut. Kalau di indonesia sendiri kita pasti sudah tidak asing lagi dengan bebrapa maeketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan beberapa marketplace besar lainnya. 

Dengan adanya marketplace yang anda miliki ini bisa lebih memudahkan anda untuk menjangkau customer dan memberi tahu kepada mereka mengenai bisnis atau jualan yang sedang anda bangun atau anda pasarkan. 

2. Sales Funnel 

Sales funnel atau yang di kenal dalam dunia online adalah jalur untuk customer atau pembeli. Dari seorang customer yang tidak mengetahui toko atau tempat anda jualan sehingga mereka mengeluarkan uang untuk berbalanja di toko anda itulah yang di sebut dengan Sales Funnel. 

Misalkan di sebuah pusat perbelanjaan seorang pengunjung tersebut tahu anda mempunyai sebuah toko atau lapak dan kalau mereka sampai mampir dan berbelaja di tempat anda itu akan otomatis menjadikan toko anda ramai dan di kenal oleh banyak orang. 

3. Landing Page 

     Landing page sama saja dengan website atau plaform lain dimana anda bisa memberitahu apa saja barang jualan yang sedang anda tawarkan kepada customer dan juga harga-harganya. 

Landing page ini bisa berupa website, jadi ketika seorang customer mengklik website yang anda punya maka mereka akan secara otomatis bisa langsung melihat barang dan jasa yang anda tawarkan berserta harganya. 

4. Traffic 

    Mungkin biasanya traffic terdengar tidak begitu penting tetapi sesugungguhnya traffic merupakan selah satu bagian terpenting ketika anda akan membangun sebuah bisnis online. Traffic itu adalah percuma anda memiliki strategi penjualan yang bagus tanpa ada satu orang pun yang mampir ke toko anda. Berarti anda harus membuat sebuah cara yang kreatif agar customer mau atau bisa mampir ke toko anda. 

Tetapi permasalahan yang biasa terjadi sangat sulitnya membangun sebuah traffic. nah traffic itu sendiri adalah sebuah cara yag paling tepat bagaimana misal seorang pengunjung dari sebuah pusat perbelanjaan masuk berbelanja di toko anda itu di sebut dengan traffic. 

Dalam dunia bisnis online sebuah traffic sangat berpengaruh karena sangat bisa melihat sebanyak apa ketertarikan seorang customer terhadap toko atau lapak jualan anda. percuma jika anda memili ki sebuah toko yang bagus tetapi tidak bisa mendatangkan pengunjung atau customer dalam jumlah yang besar 

5. Personal Branding 

    Untuk yang terakthir adalah personal branding atau yang sering di kaitan dengan kemampuan seseorang membangun keahlian , kepercayaan, dan nilai yang di anggap menarik oleh orang lain. 

Menurut Frischmann dalam sebuah buku berjudul strategi branding (2014) mengatakan bahwa manusia memiliki brand yang melekat pada diri masing-masing. Nah, personal branding merupakan aktivitas untuk membangun sisi profesional seseorang di hadapan orang lain, organisasi dan perusahaan.