Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Screen Record di Laptop dan Komputer Dengan Mudah

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Informasi tentang bagaimana cara screen record di laptop tentunya dibutuhkan oleh siapapun yang dilakukan aktivitas merekam kegiatan yang dilakukan di layar. Contohnya, jika anda membuat video mengenai tutorial yang akan di upload. Tentunya akan membutuhkan aplikasi untuk merekam layar ini.


Pada dasarnya, merekam layar bisa dimungkinkan di berbagai perangkat baik itu handphone maupun laptop. Ada aplikasi bawaan maupun ketiga yang bisa dimanfaatkan. Caranya pun terbilang mudah dan akan dijelaskan pada artikel kali ini.

Cara Screen Record di Laptop dengan Software Bawaan dan Pihak Ketiga 

Anda bisa menerapkan langkah demi langkah cara screen record di laptop dengan mengikuti paduan di bawah ini:

Melalui Aplikasi Zoom

Semenjak kemunculan pandemi, semua orang mulai tahu dan memakai aplikasi zoom. Biasanya, orang-orang menggunakannya untuk melakukan pertemuan, video call, dan lain-lain. Ternyata, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk merekam layar seperti berikut:

  1. Download dan instal aplikasi zoom di laptop Anda dahulu.

  2. Buatlah meeting sendiri dan kemudian share screen.

  3. Arahkanlah kursor ke bagian navigasi atas dan selanjutnya klik tombol more di bagian paling kanan. Selanjutnya pilih record.

  4. Anda juga bisa menggunakan shortcut alt+R memulai perekaman dan tekan kembali shortcut tersebut untuk menghentikannya.

Selama proses perekaman berlangsung Anda bisa menggunakan fitur zoom lainnya mulai dari menggambar di layar, menambahkan teks, dan lain-lain. 

Memakai Aplikasi PowerPoint

Cara screen record di laptop selanjutnya bisa dengan aplikasi PowerPoint. Caranya pun sangat mudah dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut:

  1. Bukalah aplikasi PowerPoint dan selanjutnya tekan menu insert.

  2. Di sebelah kanan, Klik tombol screen recording.

  3. Kalau anda tidak dapat menemukannya, bisa juga cari di menu record atau mengetiknya langsung lewat search bar.

  4. Berikutnya, akan muncul jendela perekaman layar dan Anda juga dapat memilih area tertentu yang hendak direkam.

  5. Klik tombol record untuk memulai perekaman.


Screencastify

Cara screen record di laptop selanjutnya yaitu menggunakan chrome yang merupakan ekstensinya. Salah satu yang paling bagus adalah screencastify yang cukup mudah digunakan. Caranya yaitu sebagai berikut:

  1. Bukalah Chrome webstore dan cari screencastify dan selanjutnya klik add extension.

  2. Bukalah screencastify dan ikutilah petunjuknya untuk membuat akun baru.

  3. Ketika petunjuk membuat akun yang muncul, klik enable mic, webcam dan juga klik enable tools. 

  4. Jika selesai, klik icon screencastify di sebelah atas browser Chrome, dan anda bisa memulai perekaman.


Anda dapat memilih apakah ingin merekam layar browser saja, seluruh layar di laptop, atau memakai webcam. Berapa lama waktunya juga bisa ditentukan. Akan tetapi, jika menggunakan akun gratis anda hanya dapat merekam selama 5 menit saja.

Memakai Windows Game Bar

Jika Anda pengguna Windows 10, bisa menggunakan game bar. Cara screen record di laptop ini menjadi cara perekaman tanpa software karena fiturnya sudah ada di dalam laptop anda. Ini dapat anda temukan dengan mudah di laptop gaming.

Untuk melakukan pengaturannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Menekan shortcut yaitu Windows+G agar memunculkan menu gambar.

  2. Selanjutnya, pilih menu capture dan kemudian pilih screen recording.

  3. Anda juga dapat melakukan perekaman suara dengan cara menekan opsi turn on mic while recording.

  4. Setelah anda berhasil merekam aktivitas di layar yang diinginkan, maka secara otomatis file akan tersimpan dalam folder dan bentuknya MP4.

  5. Cara ini akan sangat cocok dipakai jika anda ingin membuat video reaction ketika bermain game.

Memakai fitur MacOS

MacOS juga menyediakan tools untuk merekam layar tanpa software. Anda bisa memakainya dengan cara membuka aplikasi atau jendela yang hendak direkam. Adapun cara screen record di laptop sebagai berikut:

  1. Pada keyboard, tekan command+5 agar membuka sistem alat untuk tangkap Layar.

  2. Pada bagian bawah toolbar, Anda dapat memilih apakah ingin merekam keseluruhan layar atau jendela yang dipilih. Ingin merekam bagian layar tertentu saja juga bisa.

  3. Pastikanlah Anda memeriksa menu opsi untuk memakai mac's microphone, jika ingin merekam suara yang berasal dari luar.


Memakai Software Obs Studio

Cara merekam layar laptop selanjutnya yaitu menggunakan software obs studio. Program ini dapat dipakai di sistem operasi manapun baik itu Windows maupun MacOS. Pemakaiannya gratis dan cukup mudah digunakan.

Langkah-langkah untuk merekam layar menggunakan software ini bisa diikuti sebagai berikut:

  1. Pastikan anda sudah menginstal aplikasi dan dapat ditemukan dengan mudah di internet.

  2. Selanjutnya, masuk ke tab auto configuration dan pilih opsi optimize just for recording. Artinya, anda hanya ingin merekam saja dan tidak untuk bertujuan streaming.

  3. Berikutnya, tekan next dan pilih resolusi serta FPS yang anda inginkan.

  4. Kembali tombol next dan pilih apply.

  5. Berikutnya, tekan + pada aplikasi obs studio dan bisa memilih display capture.

  6. Berilah nama sesuai dengan keinginan anda dan kemudian tekan OK. Selanjutnya, aplikasi akan merekam aktivitas di layar laptop. 


Tips agar hasil rekaman tidak patah-patah yaitu bisa memilih disable preview. Selanjutnya, untuk merekam bisa Klik tombol start recording yang ada di bagian kolom control pada samping kanan bawah. Kalau proses selesai,  dilakukan Anda bisa tekan tombol stop recording dan file bisa ditemukan di file Video Explorer.

Sejumlah cara screen record di laptop yang telah dijelaskan, akan membuat anda semakin memudahkan aktivitas. Hasilnya bisa digunakan baik untuk kebutuhan pribadi atau dibagikan ada orang lain melalui situs jejaring sosial media video, contohnya YouTube. Siapa tahu, Anda juga bisa melakukan monetisasi dari kegiatan yang dilakukan di layar laptop. Semoga bermanfaat!