Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis di Masa Pandemi Bagi Para Pemula

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Banyak orang yang mencari informasi bagaimana tips bisnis di masa pandemi supaya bisa mendapat penghasilan tambahan. Alasannya, pandemi covid 19 memberikan dampak di berbagai aspek kehidupan, terutama ekonomi. Banyak orang yang penghasilannya berkurang bahkan sudah tidak ada lagi pendapatan. 


Inilah sebabnya, memulai bisnis di masa pandemi menjadi solusi jitu. Mungkin diantara Anda ada juga yang ingin memulai rencana usaha namun terhalang sejumlah faktor. Mulai dari faktor modal yang kurang, kurang percaya diri sama sampai bingung memulai bisnis apa?

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana tips dalam memulai bisnisnya akan dijelaskan pada artikel kali ini dan bisa disimak lebih lanjut.

Bagaimana Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi?

Mempunyai keinginan memulai bisnis ketika pandemi memanglah mudah, akan tetapi biasanya tidak berjalan sesuai harapan. Banyak kesulitan muncul terutama bagi para pemula dan oleh sebab itu ada tips bisnis di masa pandemi yang bisa dilakukan:

Melihat Apa Peluang Bisnis yang Potensial

Pada dasarnya, sebuah bisnis hadir untuk menjadi solusi dari masalah dan jika anda jeli, akan mudah mengidentifikasinya. Dengan melihat peluang tersebut, Anda dapat menentukan apa jenis bisnis yang menjadi solusi atas jawaban ketika pandemi. Sebaiknya, Anda juga memilih bisnis yang terus berkembang jangka panjang (tidak musiman saja).

Melakukan Riset Produk dan Bisnis

Kebiasaan masyarakat ketika pandemi dan sesudahnya mungkin berbeda dan oleh karena itu carilah yang punya prospek jangka panjang. Tips bisnis di masa pandemi selanjutnya, lakukan riset juga dengan cara mencari informasinya lewat internet. Bahkan, Anda juga dapat memadukan beberapa bisnis atau produk yang sudah ada untuk kemudian dikembangkan menjadi bisnis baru yang lebih inovatif.

Cari Bisnis dengan Modal Kecil

Adanya pandemi memberikan dampak terhadap daya beli masyarakat yang menurun. Oleh karena itu, Anda dapat menyiasatinya dengan mencari bisnis yang modalnya kecil. Atau jika memungkinkan, bahkan tanpa modal sekalipun.

Mengoptimalkan Promosi Sosial Media

Tips bisnis di masa pandemi bisa dengan memanfaatkan medsos. Di masa sekarang ini, sosial media punya peranan besar dalam mengembangkan bisnis. Dengan keunggulan tersebut, Anda dapat membuat akun khusus bisnis yang sedang dijalankan supaya semakin banyak orang mengetahuinya. Tawarkanlah promosi di media sosial supaya menarik minat siapapun yang melihatnya.

Memahami Teknik Word of Mouth

Apakah Anda mengetahui bahwa word of mouth merupakan salah satu dari banyak strategi pemasaran yang legendaris dan terkenal? Seperti namanya, ini merupakan pemasaran dari mulut ke mulut dan dengan cara ini sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin memulai bisnis ketika pandemi.

Memaksimalkan Penggunaan Marketplace

Selain menggunakan media sosial, tips bisnis di masa pandemi juga harus mengoptimalkan marketplace untuk mengembangkan bisnis saat pandemi. Ini dikarenakan pembatasan kegiatan masyarakat untuk keluar rumah sehingga banyak yang memakai marketplace dalam mencari produk yang diinginkan. Anda bisa mengangkat berbagai produk di sana dan memberikan promo menarik.

Kreatif dan Inovatif

Tentunya Anda ingin mengembangkan bisnis ketika pandemi supaya menguntungkan juga untuk jangka panjang bukan? Oleh karena itu, cobalah berpikir out of the box yaitu mencari ide baru yang belum dipikirkan orang lain. Oleh karena itu, carilah ide bisnis kreatif yang berbeda dengan kebanyakan orang supaya produk Anda punya tempat di hati konsumen.

Berbagai tips bisnis di masa pandemi yang telah dijelaskan bisa Anda praktekkan untuk mendapatkan keuntungan. Hal yang juga perlu harus dimiliki adalah konsisten ulat, rajin, serta sabar dalam menjalaninya. Semoga bermanfaat!