Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar HP Tidak Lemot, Dijamin Berhasil !

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Informasi seputar tips agar HP tidak lemot dibutuhkan untuk membuat kinerjanya bekerja normal kembali. Handphone Android atau yang lebih dikenal dengan smartphone memang biasanya akan mengalami penurunan performa saat penggunaan dalam jangka waktu bertahun-tahun.


Selain baterainya yang lebih mudah drop, biasanya handphone juga cenderung lebih lambat. Namun perlu diingat bahwa jika hp lambat kinerjanya atau lemot bukanlah disebabkan karena usia pemakaian. Cara Anda dalam menggunakan dan merawat gadget juga bisa mempengaruhi performanya.

Jika Anda mengalami kendala HP lemot tidak bisa dibiarkan. Masalah yang terjadi mungkin mulai dari lama untuk membuka aplikasi, jepretan kamera, atau pada saat dinyalakan ulang. Tidak usah mengganti handphone atau mereset ulang, ada sejumlah cara yang dapat digunakan agar mempercepat kinerja smartphone.


Tips Agar HP Tidak Lemot yang Bisa Dilakukan Sendiri

Penyebab handphone lemot memang beragam. Mulai dari kapasitas penyimpanan yang penuh, terlalu banyak data yang tersimpan di memori penyimpanan, kualitas baterai yang menurun, RAM tidak sesuai sampai dengan sistem operasi yang out of date.

Supaya kinerjanya lebih cepat, berikut akan dijelaskan tips agar HP tidak lemot:

  • Memperhatikan Kapasitas Memori

Setiap handphone akan dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda-beda. Memori ini akan berpengaruh terhadap performa selain RAM dan apabila yang tersisa tinggal sedikit, hal tersebut akan membuat kinerjanya lebih lambat. 

Cara mengatasinya, hindari terlalu banyak menyimpan data sehingga memori internal penuh. Kalau Anda perlu menyimpan banyak data di handphone, sebaiknya menggunakan kartu memori atau eksternal storage. Hal ini akan membantu kinerja handphone menjadi lebih cepat.

  • Memakai Aplikasi Serbaguna

Jika handphone Anda sudah di root, tips agar HP tidak lemot selanjutnya bisa menggunakan salah satu aplikasi serbaguna untuk mempercepat kinerja yaitu Apps2SD. Fungsinya cukup bagus dan serbaguna, misalnya untuk backup aplikasi, menghubungkan aplikasi ke memory card dan lain-lain. Tapi, untuk smartphone yang belum di-root sebaiknya Anda memakai aplikasi serupa misalnya clean master.

  • Memakai Satu Aplikasi Anti-virus

Hampir sama halnya dengan aplikasi bawaan sistem, antivirus senantiasa berjalan di latar belakang. Imbasnya, kinerja RAM lebih boros serta performa jadi lebih lambat. Jadi, sebaiknya Anda hanya menggunakan satu aplikasi anti-virus saja atau bahkan tidak memakainya. Alasannya, antivirus kurang begitu penting untuk handphone Android.

  • Menggunakan Fitur Auto Kill

Jika Anda sering melakukan multitasking di handphone, pastinya sudah paham dan menemukan banyak aplikasi aktif di recent apps. Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka kinerja RAM juga menjadi lebih berat sehingga membuat handphone lambat.

Tips agar HP tidak lemot, Anda dapat menggunakan fitur auto kill. Fitur ini akan membuat aplikasi tidak bisa berjalan di latar belakang/background sehingga smartphone Anda bisa lebih cepat. Ini juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi handphone lemot setelah dilakukan upgrade.

  • Mengurangi Pemakaian Widget

Tips mengatasi HP lemot lainnya yaitu dengan mengurangi penggunaan widget. Adanya widget mungkin bisa mempercantik tampilan home screen. Ini juga dapat menjadi jalan pintas untuk Anda membuka aplikasi. Sayangnya, widget tersebut juga berkontribusi terhadap penggunaan ram yang lebih besar. Untuk membuat handphone android Anda, bisa mengurangi penggunaan fitur tersebut.

  • Melakukan Pembaharuan Perangkat Lunak

Tips agar HP tidak lemot yang selanjutnya yaitu dengan cara melakukan update software. Ini untuk memperbaiki masalah yang terbawa dari sistem sebelumnya. Tujuan dari pembaharuan tersebut agar memperoleh pengalaman yang lebih baik daripada sebelumnya. 

Cara mengecek pembaharuan yaitu dengan masuk ke menu setting>about>system update. Selanjutnya, pilih check for update. Maka proses pembaharuan akan dilakukan jika tersedia. 

  • Menghapus atau Menghentikan Aplikasi Tidak Dipakai

Berbagai aplikasi yang tersedia di Play store memang menarik untuk dicoba, tapi awas jangan asal pasang saja. Saat memakai terlalu banyak aplikasi bisa berdampak pada ruang penyimpanan yang penggunaannya bisa berlebihan. 

Sayangnya memang, ada sejumlah aplikasi ada yang tidak bisa dihapus karena merupakan bawaan dari sistem. Aplikasinya berjalan walaupun sebenarnya tidak diperlukan Dan inilah yang membuat RAM handphone penuh dan memperlambat kinerjanya.

Untuk menghentikannya Anda bisa mengatur aplikasi tersebut menjadi disable. Caranya mudah, yaitu dengan masuk ke menu pengaturan>running> dan pilih aplikasi yang tidak Anda butuhkan untuk menjadi disable.

  • Secara Rutin Membersihkan Cache

Cache adalah tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah digunakan. Fungsinya Anda akan lebih mudah untuk membuka aplikasi tersebut.

Tapi dibalik manfaatnya, cache yang dibiarkan terlalu menumpuk bisa memperlambat kinerja handphone Android. Baiknya, Anda rutin membersihkannya supaya performa menjadi lebih baik. 

Caranya mudah yaitu masuk ke menu setting> apps> all kemudian cari aplikasi yang ingin dibersihkan cache nya. Lalu, tinggal pilih clear cache.

Anda juga bisa membersihkan secara sekaligus dengan masuk ke menu setting> storage> cached data. Kemudian, bisa pilih ok ketika ada pop up.

  • Mematikan Fitur Auto Sinkronisasi

Tips agar HP tidak lemot berikutnya yaitu dengan mematikan fitur auto sinkronisasi. Memang, layanan ini harus diaktifkan untuk bisa terhubung dengan semua akun yang terpasang. Akan tetapi, dampaknya cukup besar pada kinerja handphone.

Sehingga, dengan mematikannya akan bermanfaat untuk mengatasi HP lemot. Ada dampak yang muncul yaitu pada aplikasi kalender atau email. Namun, Anda tetap bisa mengaturnya agar terhubung ketika saat-saat penting.

  • Menggunakan Custom ROM

Hal yang harus dipahami bahwa ketika melakukan rooting tidak langsung akan menjadikannya cepat. Anda bisa memakai custom ROM untuk menghilangkan bloatware bawaan dari handphone.

Tips agar HP tidak lemot di atas bisa Anda praktekan agar semakin mempercepat pemakaiannya. Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda.