Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Upgrade RAM Laptop Sendiri dengan Mudah

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Tips upgrade RAM laptop sendiri penting diketahui oleh Anda yang ingin melakukan peningkatan kinerja perangkat ini. Ram memang menjadi salah satu yang dipertimbangkan dalam membeli laptop. Semakin besar kapasitasnya, biasanya akan semakin bagus dan kinerjanya cepat.


Namun sayangnya, laptop yang merk kapasitas RAM besar cenderung harganya juga lebih mahal. Dengan budget pas-pasan, sebenarnya Anda bisa saja membeli laptop dengan RAM standar. Namun, harus puas juga dengan kemampuannya yang mungkin tidak bisa dipaksakan untuk melakukan pekerjaan berat misalnya gaming atau desain.

Membeli serta memasang RAM di toko komputer akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Padahal, jika ada slot untuk menambahkan RAM, Anda bisa mengupgrade nya sendiri. Dalam artikel ini, akan dijelaskan kepada Anda tentang bagaimana cara melakukan upgrade RAM laptop dengan mudah.

Alasan Upgrade RAM Laptop Sendiri di Rumah

Tips upgrade RAM laptop sendiri bisa Anda dikerjakan tanpa harus mendatangi toko komputer. Ini dilakukan jika RAM Anda mengalami kerusakan atau ingin menggantinya.

Jika tidak rusak, Anda dapat memperoleh banyak manfaat dengan menambahkan RAM. Contohnya, mengaktifkan konfigurasi quad channel atau dual channel serta bisa melakukan berbagai tugas multitasking dengan lebih banyak.


Syarat Sebelum Menambah RAM Laptop

Walaupun ada banyak manfaatnya, sejumlah hal harus diperhatikan sebelum menambah RAM ini. Akan sayang sekali Jika sudah membeli RAM baru Namun ternyata tidak kompatibel atau tidak terdapat slot kosong.

Oleh karena itu kamu ada beberapa syarat penting yang harus dipenuhi sebelum menambah RAM di laptop:

Pastikan Ada Slot Kosong

Produsen laptop kerap kali memakai RAM on board atau RAM yang sudah disolder sehingga bisa menempel di motherboard secara permanen. Oleh karena itu kamu periksalah apakah ada slot kosong untuk ditambahkan RAM atau tidak.

Mengecek Kompatibilitas

Ketika Anda membeli laptop, juga harus terlebih dahulu dipastikan apakah ada slot RAM. Entah itu DDR2, DDR3 maupun ddr4 masing-masing mempunyai pin yang berbeda-beda dan harus sesuai. 

Pastikan juga setiap slot punya jumlah maksimal RAM yang dapat ditampung. Jangan sampai misalnya Anda membeli satu keping RAM 8GB untuk dipasang di slot yang hanya dapat menampung RAM 4GB.

Pastikan Tipe RAM Sama

Setiap laptop mempunyai tipe berbeda-beda tergantung dari transfer rate, kapasitas, serta mereknya. Jika laptop Anda ada dua slot RAM atau lebih, pastikan Anda mengisi setiap slot dengan tipe RAM yang identik. 

Tips Upgrade RAM Laptop Sendiri

Setelah Anda memenuhi segala persyaratan untuk menambah RAM laptop, sekarang saatnya melakukan tips upgrade RAM laptop sendiri dengan cara-cara yang tepat.

Cara yang diterapkan ini akan lebih menghemat anggaran, namun memerlukan keahlian dan ketelitian. Jika Anda ragu dan Anda error terjadi, bisa menghubungi ke service center laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  • Membeli RAM

Tips upgrade RAM laptop yang harus dilakukan tentu saja adalah membeli RAM. Anda dapat membeli yang baik yang baru ataupun bekas. Seperti yang telah dijelaskan bahwa Anda harus memelihara yang tepat supaya cocok diterapkan di laptop.

  • Membongkar Laptop

Tips menambah RAM selanjutnya yaitu dengan membongkar laptop. Caranya sendiri memang berbeda-beda tergantung dari jenis laptop apa yang dimiliki. Anda dapat mencari bagaimana cara membongkar laptop ini di internet atau mengikuti di YouTube.

  • Mencari Slot RAM Pada Motherboard

Kalau sudah memperoleh panduan bagaimana membongkar laptop yang benar, tips upgrade RAM laptop selanjutnya bisa mulai membongkar sampai menemukan slot. Kalau Anda masih belum paham apa itu slot RAM, bisa mencari contoh gambarnya terlebih dahulu di internet.

  • Memasang RAM

Tips selanjutnya yaitu memasang ram dengan posisi miring sambil ditekan agar dapat masuk. Anda juga harus memastikan bahwa semua bagian logam PIN bisa masuk ke dalam slot. Pastikan juga tidak melakukannya terlalu keras atau tidak terdapat bagian mengganjal.

  • Mengunci RAM

Lanjutkan proses untuk memasang ram dengan menekan bagian dalam agar terkunci. 

  • Merakit Laptop Kembali

Kalau sudah, tips upgrade RAM laptop selanjutnya merakit laptop kembali. Nyalakan dsn pakailah seperti biasa. Anda sudah menyelesaikan cara memasang atau menambah RAM pada perangkat. Cukup mudah bukan?

Masalah Umum Saat Menambahkan RAM Laptop  

Meskipun sudah mengikuti langkah tips upgrade RAM laptop, mungkin tidak selalu berjalan dengan mules. Ada beberapa masalah yang bisa saja terjadi ketika menambahkan RAM laptop ini seperti:

  • Blue Screen of Death

Penyebab blue screen of death ini pada dasarnya beragam. Jika terjadi saat memasang laptop, maka coba pasang ulang kembali dan pastikan semuanya berjalan dengan baik. Coba juga untuk membersihkan bagi yang pin ram menggunakan penghapus pensil.

  • Laptop Tidak Menyala dan Timbul Bunyi Beep

Masalah lainnya yang muncul yaitu laptop tidak menyala dan terdengar bunyi beep. Coba untuk pasang ulang dan bersihkan bagian ram. Ada kemungkinan karena tidak terpasang dengan baik atau rusak.

  • Konfigurasi Dual Channel

Alasan menambah RAM salah satunya untuk mengaktifkan konfigurasi dual channel. Dengan demikian, alam Anda akan punya channel lebih luas. Dampaknya, laptop akan memiliki kinerja lebih responsif dan cepat. Namun saat ditambah, malahan konfigurasi dual channel ini tidak aktif.

Pada umumnya hanya terjadi di komputer yang memiliki 4 slot RAM. Usahakanlah agar memasangkan tidak saling berdekatan, misalnya pada slot 1 dan 3. Dengan begitu diharapkan orang dapat bekerja dengan normal.

Informasi tentang tips upgrade RAM laptop yang sudah dijelaskan tentunya akan sangat membantu bagi Anda yang ingin meningkatkan performa perangkat. Jika memang masih belum berhasil, bisa datang ke tempat service center laptop terdekat untuk dibantu dalam memasangkannya. Semoga bermanfaat!