Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel Publikasi Jurnal Ilmiah 2022

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Cara Membuat Artikel Publikasi Jurnal ilmiah-adalah permintaan untuk guru/guru dan bahkan siswa dalam pendidikan saat ini, guru dan guru harus melakukan publikasi ilmiah ke dalam salah satu asal mula pembelajaran. Sebagaimana diatur dalam Hukum Nomor 14 dari Wacana Guru dan Dosen 2015.

Adapun siswa, publikasi ilmiah umumnya berarti salah satu persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan mereka terutama sehingga persyaratan untuk mengikuti ujian tertutup dan diploma.

cara membuat jurnal ilmiah membuat jurnal ilmiah cara membuat jurnal nasional cara membuat jurnal publikasi cara membuat jurnal internasional scopus cara membuat jurnal ilmiah online cara membuat jurnal scopus
Source :Pixabay.com

Selain itu, ini juga diatur kepada Menteri Penelitian, Teknologi dan Peraturan Pendidikan no. 20 dari 2017 Tugas Profesor Profesor Wacana Profesional, yang mensyaratkan bahwa guru menggunakan posisi profesor untuk menghasilkan publikasi ilmiah. Fokus pada publikasi ilmiah untuk guru diprioritaskan bagi mereka yang memiliki berbagai konferensi dan guru besar.

Tetapi itu tidak berarti bahwa berbagai asisten ahli dan pembaca tidak diperlukan, karena dalam proposal peringkat akademik, kondisinya adalah untuk melaksanakan pendidikan tinggi Tri Dharma, kesalahan lainnya adalah menjalankan penelitian. Asal usul hasil penelitian yang digunakan dalam publikasi ilmiah, dengan tujuan berbagi sains, teknologi, dan distribusi kepada warga negara.

Artikel yang ingin dicoba oleh penulis mengembangkan pengetahuan tentang wacana jurnal ilmiah. Sebelum harus menjalankan jurnal ilmiah, lihat sebelumnya apa itu jurnal ilmiah.

Apa itu jurnal ilmiah?

Jurnal/majalah ilmiah adalah publikasi artikel ilmiah yang direncanakan akan diterbitkan oleh organisasi atau forum akademik. Masalahnya biasanya tidak selaras dari setiap majalah, beberapa diterbitkan setiap bulan, selama empat bulan, selama enam bulan dan atau per tahun.

Di Layman, jenis artikel yang diterbitkan dari konsekuensi penelitian atau literatur ulasan. Tujuan publikasi di majalah ini berarti membuat pengetahuan tentang wacana hasil penelitian, ini dapat digunakan ke dalam sertifikat untuk peneliti lain yang memiliki pemeriksaan serupa.

Di Layman, format artikel yang menulis jurnal ilmiah terdiri dari judul, ringkasan, ta'aruf, metode, konsekuensi, diskusi, kesimpulan, dan bibliografi. Tentang komposisi artikel majalah, itu akan dibahas dalam Subdisción sesudahnya.

Bagaimana menulis majalah/Jurnal yang indah?

Menulisa artikel majalah yang indah tentu membutuhkan saran sehingga artikel tersebut dapat diterima dengan cepat dan diterbitkan oleh editor, serta layak sebagai referensi untuk penyelidikan di masa depan.

Beberapa saran yang dapat Anda lamar untuk menulis artikel majalah ilmiah.memilih tujuan majalah, mengubah ringkasan pengantar, memodifikasi pengantar, memperpendek persiapan tesis, tesis dan disertasi , Meningkatkan bagian metode, menginformasikan temuan utama, membatasi referensi, diskusi yang jelas dan lengkap.

Tetapi dalam seorang awam, artikel berkualitas setidaknya memiliki pernyataan yang jelas mengenai masalah yang diteliti, solusi yang diusulkan dan konsekuensi yang mengungkapkan temuan baru dari penelitian sebelumnya.

Apa halaman jurnal ilmiah?

Jumlah halaman jurnal ilmiah tentu saja diubah sesuai dengan poin yang diajukan dalam artikel, di Layman, jumlah halaman yang digunakan adalah 8-12 halaman, tetapi juga ada kurang dari 8 dan lebih banyak asal, semuanya tergantung pada editornya .

Khusus untuk manajer majalah ilmiah di Indonesia, setiap topik idealnya memiliki 100 halaman pada setiap volume publikasi, untuk mendapatkan poin dalam akreditasi sistem jurnal (Arjuna). Sementara jumlah artikel yang diterbitkan dalam setiap volume setidaknya lima artikel.

Bagaimana format dokumen dari jurnal ilmiah?

Format makalah yang digunakan oleh artikel artikel jurnal ilmiah biasanya menggunakan ukuran kertas A4 menggunakan posisi potret. Secara umum, format kolom yang digunakan terdiri dari 2, umumnya ada yang menggunakan kolom dan ada juga 2 kolom.

Apa struktur artikel majalah ilmiah?


1. Judul

Setiap artikel jurnal ilmiah harus mempunyai judul yg kentara terkait menggunakan apa yang anda pelajari. Judul akan memberikan ketenangan bagi pembaca buat menemukan inti artikel.

Jumlah kata yang disarankan dalam judul indonesia bukan lebih dari 12 istilah dan  tak lebih dari 10 kata buat majalah bahasa inggris. Judulnya ditulis pada rata -rata serta dicetak pada huruf tebal.

Di bawah judul merupakan nama penulis (penulis) yang ditulis dengan judul akademik, kemudian disertai dengan nama afiliasi, serta disarankan untuk memasukkan alamat email.

2. Kompendium

Bagian tak berbentuk asal artikel tentang jurnal ilmiah adalah esensi yg mendeskripsikan kontribusi  , ilham, temuan atau hasil, serta mendeskripsikan akibat temuan.

Dalam penulisan tak berbentuk, hindari menggunakan singkatan, catatan kaki, persamaan matematika, diagram, tabel serta surat keterangan.

Kami merekomendasikan bahwa pada penulisan tak berbentuk, perhatikan elemen penulisan seperti jumlah kata, jarak antara baris, pemilihan bahasa, tekad utama, penyusunan bahasa asing, jumlah paragraf, menulis kalimat pendek, solid serta kentara.

Kompendium ditulis dalam paragraf dengan idealnya 150-200 kata. Disarankan buat menyajikan abstrak menggunakan elemen -elemen berikut:

  • Menetapkan tujuan primer naskah artikel;
  • Mengatakan manfaat atau kontribusi  ;
  • Berikan inspirasi konseptual untuk metode ini;
  • Jelaskan desain dan  mekanisme/prosedur penelitian yang dipergunakan;
  • Menyampaikan akibat dan  konklusi;

Apa implikasi untuk pemeriksaan di masa depan?

Selain itu, pada bagian ringkasan, tiga-lima istilah terdaftar, diambil berasal nukleus buat dibahas dalam penelitian ini.

3. Pendahuluan

Pada departemen pendahuluan menyebutkan konteks penelitian serta menetapkan tujuan investigasi. Pendahuluan umumnya terdiri asal 3 bagian, ialah latar belakang, dilema dan  solusi yang diusulkan.

Bagian pendahuluan mengungkapkan mengapa penyelidikan dilakukan, menggambarkan dilema, menghubungkan dengan teori -teori yg mempunyai relevansi dengan subjek yg diteliti. Secara awam, pengantar meliputi beberapa surat keterangan (artikel majalah) buat mendukung bagian ini.

4. Metode

Bagian ini harus mengungkapkan serangkaian hal yang terkait dengan metode yg dipergunakan dalam penelitian, seperti desain eksperimental, alat-alat yg dipergunakan, metode pengumpulan data, metode pengembangan sistem serta metode pengujian. Anda wajib  mengungkapkan dengan jelas agar pembaca bisa tahu.

5. Hasil Dan Diskusi

Hasilnya merupakan bagian yg mendeskripsikan temuan paling krusial, termasuk analisis yang akan terjadi yang sesuai dan  perbandingan menggunakan akibat penelitian lainnya. Bagian ini umumnya didukung sang referensi yg dimaksud buat membandingkan hasil penelitian menggunakan model atau toeri dalam penelitian sebelumnya.

6. Kesimpulannya

Kesimpulannya artinya ringkasan berasal yang akan terjadi penelitian, yang berisi informasi singkat sehingga pembaca bisa menemukan laba serta metode yg dipergunakan, umumnya pada bagian ini mencakup saran buat pemeriksaan pada masa depan.

Bagaimana cara menemukan kitab harian reputasi yg baik?

Artikel jurnal ilmiah yg digunakan menjadi surat keterangan wajib  asal berasal editor reputasi yang baik, salah  satu parameter majalah reputasi baik yang sudah diakreditasi secara nasional atau internasional.