Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempromosikan Bisnis Online Secara Gratis

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Sebelum Anda ke pembahasan utama mengenai cara mempromosikan bisnis online secara gratis, Anda juga harus mngetahui apa sih bisnis online itu? 


Bisnis online adalah kegiatan jual-beli produk yang dilakukan secara daring atau online atau tidak tatap muka dengan menggunakan teknologi. Perkembangan bisnis ini sampai akhirnya dapat menjadi bisnis online terpercaya bukanlah proses yang singkat. Di era modern seperti sekarang ini, Anda bisa melihat betapa banyaknya daftar bisnis online yang terdiri dari berbagai bisnis online terbaru. 

Semua orang bisa berbisnis dengan cara ini, mulai dari bisnis online rumahan, bisnis online gratis lewat hp sampai ke bisnis online tanpa modal. Pada artikel kali ini, Anda akan menjelaskan tentang “bagaimana cara memulai bisnis online dari nol?” 

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memprmosikan bisnis nline yang secara gratis. 

1. Mengandalkan Media Sosial. 

Teknologi dan internet sangat berkaitan erat dengan media sosial. Membuat akun media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter sangat membantu untuk mempromosikan bisnis online anda. kenapa? karena pembuatan akun medsos dapat dilakukan secara gratis. Selain itu, anda juga bisa memasang iklan di media sosial sehingga iklan tersebut dapat menghubungkan bisnis online Anda secara langsung dengan cosumer yang dituju. 

2. Gunakan Layanan Listing Lokal Terbesar. 

Selanjutnya cara kedua yaitu, mendaftarkan bisnis online Anda melalui Google Places yang memungkinkan bisnis online Anda lebih mudah saat ditelusuri melalui Google. Anda tinggal mendaftar dengan mengisi formulir yang ditampilkan, kemudian memverifikasi bisnis online Anda melalui proses konfirmasi yang mereka berikan, yang mana hal ini dapat dilakukan melalui panggilan telepon atau email.  

3.  Mengoptimalkan Penggunaan Youtube. 

Selanjutnya  cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah mengoptimalkan Youtube untuk mempromosikan bisnis online Anda. YouTube menyediakan cara efektif agar Anda dapat mempromosikan video marketing Anda yang sangat kreatif dengan gratis loh! 

Namun, agar konten video marketing Anda banyak dilihat oleh orang-orang secara online, maka anda juga perlu membuat konten video yang relevan dengan bisnis online yang Anda miliki. Sehingga, para konsumen dapat melihat konsistensi dari promosi produk yang Anda lakukan. 

4. Mempromosikan Bisnis Online secara Live

Beberapa media sosial mengizinkan Anda untuk melakukan promosi secara online dengan liputan secara live. Misalnya, Instagram. Setiap kali bisnis online Anda memiliki suatu produk atau layanan jasa baru yang siap untuk dipromosikan secara online, buatlah rekaman secara live agar para pengikut akun bisnis online Anda dapat mengetahui informasi ini dengan cepat.  

6. Bergabung dengan Komunitas Online yang Relevan. 

Setiap bentuk bisnis pasti memiliki komunitas online yang dapat Anda ikuti. Misalnya, di Facebook Anda akan menemukan komunitas penjual kue brownies. Bergabung dalam komunitas online bisa memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi-informasi penting yang relevan dengan bisnis online Anda. Sehingga, Anda bisa update dengan berita-berita terkini. Selain itu, komunitas online bisa memudahkan Anda untuk saling mempromosikan bisnis online yang Anda miliki. Mana tau kerabat Anda di dalam komunitas tersebut bisa membantu mempromosikan bisnis online Anda, bukan? 

 Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mempromosikan bisnis online Anda secara gratis atau tanpa biaya sepeser pun. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, coba dari sekarang. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.