Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi Bisnis Online untuk Semakin Mendongkrak Penjualan

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Strategi bisnis online tentu dibutuhkan oleh mereka yang ingin mengembangkan bisnisnya agar lebih maju. Terlebih lagi sekarang ini, bisnis secara daring sangat marak digunakan dan bahkan setiap pengusaha hampir pasti memilikinya. Termasuk mungkin salah satunya Anda?


Segala hal dapat dipasarkan lewat bisnis online yang punya keuntungan lebih tinggi dibandingkan dengan bisnis pada umumnya. Hal ini dapat terjadi kalau Anda memakai strategi bisnis online tepat. Dari segi penjualan, pasti akan mengalami peningkatan ketika menggunakan strategi terbaik.

Bisnis online sendiri memang menawarkan beberapa kelebihan. 


Mulai dari lebih hemat modal, tidak perlu tempat secara fisik, serta pemasaran dan promosinya lebih murah. Akan tetapi, tentunya untuk pemasukan produk Anda juga harus memanfaatkan teknologi digital karena bisnisnya dilakukan secara online. Lalu apa sajakah strategi tersebut?


Daftar Strategi Bisnis Online Terbaik

Strategi bisnis online terbaik dan tepat untuk bisnis Anda tentu akan memberikan dampak signifikan. Berikut ini, Anda bisa mengetahui beberapa strategi yang dapat dipraktekkan dalam memasarkan produk:

  • SEO

SEO yang merupakan kependekan dari search engine optimization adalah strategi yang melekat dengan website karena tujuannya adalah mempermudah ditemukannya sebuah situs pada mesin pencarian. Strategi ini bisa dibilang paling hemat biaya, bahkan Anda tidak butuh mengeluarkannya. Yang penting, tahu dasar-dasar strategi ini.


Secara ringkas strategi bisnis online SEO akan bisa membuat situs Anda tampil di halaman pertama mesin pencarian. Dengan demikian, pelanggan bisa menemukannya dengan mudah dan kemungkinan membeli produk dari Anda semakin tinggi.

  • SEM

SEM merupakan kependekan dari search engine marketing memiliki fungsi dan tujuan berbeda dari SEO. Pada SEM, tujuannya untuk menempatkan posisi iklan situs di urutan paling atas sehingga kemungkinan pengunjung untuk klik semakin tinggi dibandingkan dengan tanpa memakai SEM.


Baik SEO maupun SEM harus dikolaborasikan supaya memberikan hasil lebih optimal. Namun, Anda harus mempelajari dasar-dasar kedua strategi tersebut. Hal yang penting juga bahwa dalam SEM diperlukan biaya untuk promosi. 

  • Influencer

Strategi bisnis online selanjutnya yaitu dengan menggunakan jasa influencer. Ini bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk bisnis yang Anda jual. Salah satu caranya yaitu dengan endorse ataupun kolaborasi secara bersama-sama.


Akan tetapi, Anda juga harus memilih influencer yang tepat serta sesuai dengan apa produk yang dipasarkan. Contohnya, jika produk yang Anda jual adalah makanan maka tentu harus mencari influencer yang dalam banyak kesempatan mereview makanan dengan baik. Sama halnya dengan jenis produk lain, cari yang sering membuat konten yang berhubungan dengan produk tersebut.

  • Social Media Marketing

Strategi ini bisa digunakan dalam memasarkan berbagai produk Anda. Terlebih lagi, di masa sekarang Tidak diragukan bahwa sosial media menjadi platform yang banyak digunakan masyarakat untuk berbagai aktivitas. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain bisa digunakan sebagai media pemasaran.

  • Affiliate Marketing

Strategi berikutnya yang bisa digunakan yaitu affiliate marketing. Dengan cara ini, Anda memakai pengaruh dari pihak lain dalam memasarkan produk. Misalnya, bekerjasama dengan blogger dan menggunakan blog tersebut dalam mengiklankan produk Anda, misalnya lewat banner atau review artikel.

Kelima strategi bisnis online di atas, bisa Anda praktekkan dan tentu menjadi rekomendasi terbaik untuk pengusaha pemula maupun profesional. Jika dilakukan secara konsisten maka perlahan-lahan pasti akan memberikan dampak bagi penjualan yang semakin meningkat. Keuntungan Anda juga semakin besar. Semoga bermanfaat!