Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Baterai Hp Awet dan Tahan Lama

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Informasi seputar tips agar baterai hp awet tentu dibutuhkan oleh anda yang sekarang ini merasa penggunaannya boros. Atau, bagi yang ingin bepergian dalam jangka waktu lama dan jauh. Maka, menghemat baterai handphonenya jadi hal yang perlu dilakukan supaya tetap bisa berkomunikasi.


Kapasitas baterai pada sebuah handphone yang berbeda-beda mempengaruhi daya tahannya. Ada handphone yang punya kapasitas penyimpanan daya baterai besar sehingga dalam jangka waktu lama bisa bertahan. Namun, ada pula yang ternyata kecil bahkan pas-pasan sehingga harus hemat-hemat dalam menggunakan smartphone.

Apalagi, dengan semakin lamanya penggunaan maka kualitas baterai juga semakin menurun. Bagaimana cara menghemat baterai harus dipahami dan oleh karena itu, akan dijelaskan pada hari ini.


Tips Agar Baterai Hp Awet Supaya Bertahan Lebih Lama

Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar membuat baterai handphone bisa lebih lama bertahan untuk keperluan anda beraktivitas. Berikut sejumlah caranya.

  • Meredupkan Cahaya Layar

Tips agar baterai hp awet ini merupakan cara paling standar yang dapat dilakukan saat ingin menghemat baterai handphone Android. Dengan pengaturan cahaya layar tinggi, konsumsi baterai juga cenderung semakin boros.

Dampaknya, baterai juga lebih cepat habis. Oleh karena itu, supaya lebih menghemat baterai Android, Anda jelas harus sedikit mengurangi cahaya layar atau agak meredupkan nya. Selain bisa lebih hemat baterai, mata juga tidak akan cepat lelah karena cahaya layar yang terlalu terang.

  • Mematikan Fitur Getar

Untuk sebagian orang, fitur getar sangat diperlukan karena akan menjadi notifikasi alternatif jika ada panggilan atau pesan masuk. Ini normal dilakukan karena nada dering seringkali kurang pendengaran dan dapat memancing perhatian orang atau mengganggu orang lain.

Akan tetapi, fitur ini juga menjadi salah satu sumber penggunaan baterai lebih banyak. Baterai juga akan semakin boros kalau anda mengaktifkan getaran saat menekan tombol atau mengetik teks.

Sebaiknya, cobalah Untuk mengatur getaran handphone dan kalau bisa dimatikan saja. Jika pun ingin mempertahankan getaran tersebut anda bisa cukup mematikannya di saat mengetik. Penggunaannya juga tidak terlalu efektif bahkan dapat mengganggu saat mengetik.

  • Mematikan Fitur GPS

Tips agar baterai hp awet yang selanjutnya yaitu dengan mematikan fitur GPS atau lokasi. Sebenarnya, fitur ini memang sangat berguna ketika mencari alamat atau ingin menggunakan layanan Maps.

Namun, di luar itu sepertinya penggunaannya tidak terlalu efektif. Mungkin hanya berguna saat ingin menambahkan lokasi di skala update status sosial media untuk memasukkan nama lokasi. Akan lebih baik fitur tersebut hanya digunakan ketika dibutuhkan saja. Di luar itu, bisa dimatikan saja supaya tidak terlalu menguras baterai.

  • Mengaktifkan Penghemat Daya

Berbagai merk handphone di masa sekarang sudah semakin canggih karena menyematkan fitur penghemat baterai yang dapat anda manfaatkan. Umumnya, penghematan ini dilakukan mulai dari mengatur pencahayaan layar atau mematikan aplikasi yang ada di latar belakang.

Akan tetapi, seringkali saat menggunakan handphone kita tidak suka jika penggunaannya dibatasi. Jika demikian, disarankan untuk menyalakan kita ini jika kapasitas baterai sudah mendekati low battery. Tujuannya, supaya masa pemakaian bisa lebih panjang.

  • Membersihkan Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Banyak pengguna smartphone Android yang menganggap saat menutup aplikasi cukup untuk membuat HP kinerjanya lebih ringan. Padahal, itu hanya membuatnya tertutup namun tetap berjalan di latar belakang.


Jika terus dibiarkan, maka akan menghabiskan memori RAM dan juga baterai.Karena itulah, coba masuk ke menu multitasking dan lihat apa aplikasi yang masih berjalan. Jika memang sudah tidak ada aplikasi yang dipakai, akan lebih baik dimatikan saja 

  • Mengurangi Waktu Standby Layar

Seperti yang telah disebutkan, satu hal yang membuat penggunaan baterai handphone boros adalah seputar layar. Tidak hanya karena faktor cahaya yang terlalu terang namun juga bisa karena menyala terlalu lama dikarenakan waktu stand by panjang.

Oleh karena itu, tips agar baterai hp awet disarankan bagi anda untuk mengurangi waktu standby layar handphone. Anda dapat mengaturnya pada menu setting dan merubah waktu standby jadi lebih singkat supaya baterai handphone tidak terbuang percuma.

  • Tidak Terlalu Banyak Menggunakan Widget

Hal yang tidak banyak disadari dan akan membuat handphone menjadi lebih boros adalah dengan memasang widget terlalu banyak pada home screen. Berbagai widget tersebut sedikit demi sedikit akan menguras baterai.

Karena itulah, akan lebih baik membuat tampilan home screen lebih kosong dan menghapus widget yang tidak diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa memakai wallpaper yang cenderung berwarna gelap supaya cahaya layar tidak terlalu terang dan menghemat penggunaan baterai. 

  • Menghapus Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Tips agar baterai hp awet selanjutnya, Anda bisa menghapus berbagai aplikasi yang tidak dibutuhkan dan jarang dipakai. Ini akan membantu baterai anda lebih awet.

Sejumlah aplikasi yang jarang digunakan misalnya game yang tidak pernah anda mainkan. Jika memang sudah tidak pernah membuka permainan tersebut lagi, akan lebih baik dihapus saja supaya meringankan kinerja handphone. 

  • Mematikan Handphone Ketika Tidur

Tips agar baterai hp awet selanjutnya yaitu dengan mematikan ketika tidur di malam hari. Atau, bisa juga dengan mengaktifkan mode on/of otomatis. Mode tersebut bisa membuat HP anda nyala dan mati di jam yang sudah ditentukan.

Jadi, ketika beristirahat baterai sama sekali aktif. Tentunya, masa pemakaian akan lebih awet untuk membuat Anda menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari.


Tips agar baterai hp awet yang telah disebutkan akan semakin membuat anda lebih lama dalam menggunakan handphone. Apalagi, jika kapasitas baterai pas-pasan. Cara yang sudah dijelaskan sangat membantu memperpanjang umur baterai. 

Sumber: https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/8872/amp/cara-hemat-baterai-android