Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Terpenting Untuk Membangun Bisnis Online Untuk Pemula

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Di zaman sekarang untuk membuat sebuah bisnis bukan sesuatu yang sulit. Terlebih dengan semakin majunya teknologi informasi dan komunikasi anda bisa membuat bisnis dari memanfaatkan sumber daya yang ada di seandar anda dan dengan apa yang anda miliki bisa menjadi modal awal untuk memulai. 


Ada beberapa Langkah atahu cara yang bisa anda lakukan ketika akan membuat sebuah bisnis online untuk pertama kali terlebih untuk anda yang seorang pemula. Diantaranya bisa dengan memulai dari apa yang disenangi, menentukan role model yang sukses, memilih customer, memilih kategori, hingga memilih channel penjualan nantinya yang bisa digunakan untuk media pemasaran produk bisnis anda.


Berikut adalah beberapa cara penting untuk membangun sebuah bisnis online untuk pemula: 

1. Apa Yang Disenangi 

    Memulai dari apa yang anda senangi bisa menjadi awal anda untuk membangun sebuah bisnis online, karena dari apa yang anda senangi anda bisa menciptakan perasaan senang ketika melakukan suatu hal dan tidak merasakan itu sebagai sebuah beban tuntuan tetapi lebih seperti sedang melakukan hobi anda. 

Seperti misalnya anda suka memasak. Nah, dari sini anda bisa menciptakan ide bisnis kuliner karena kesukaan anda atahu ketertarikan anda tentang masak memasak. Begitu pula dengan yang lain seperti fashion, musik dan banyak lagi. 

2. Tentukan Role Model Yang Sukses 

    Role model sukses ini bisa anda gunakan sebagai panutan anda atahu patokan anda ketika memabngun sebuah bisnis online. Dari role model tersebut anda bisa belajar banyak hal mengenai cara menjalankan bisnis yang sukses, strategi penujualannya hingga cara dia memasarkan produk yang akan di buat nantinya. 

3. Pemiilihan Customer 

    Sepertinya mungkin terdengar asing bukan? Yah, kalau biasanya yang harus di pilih adalah produk tapi kali ini anda harus memilih customer. Karena dengan memilih customer anda jadi tahu produk apa yang nantinya cocok untuk bisnis anda ketika memulai agar bisa berhasil seeperti yang anda inginkan. 

4. Memilih Kategori

    Nah seanjutnya adalah memilih kategori anda. Memilih kategori disini artinya anda memilih jenis produk  apa yang akan di pasarkan nantinya kepada customer.  

Misalkan anda membuka sebuah bisnis kuliner soto ayam nah, ketika bisnis yang anda kelola semakin besar anda bisa membuat kategori lain seperti mengeluarkan menu baru sebuah makanan ringan yang anda bisa masukan kedalam kategori snack agar lebih mudakh untuk di ketahui oleh para costumer anda nantinya. 

5.Memilih Channel Penjualan 

    Memilih channel penjualan anda disini artinya anda harus melihat atahu memfokuskan media yang di gunakan untuk memasarkan produk anda nantinya. Seperti yang anda ketahui kalau channel atahu plaform digital sekarang ini sangat banyak jenisnya mulai dari website, marketplace, hingga social media. 

Pemilihan ini sangat berpengaruh karena setiap market memiliki karakter user atahu pengguna yang berbeda -beda jadi anda harus memilih satu dan berkonsentrasi pada satu hal terlebih dahulu.

Misalkan anda memilih instagram sebagai media memasarkan produk yang anda punya, nah seperti yang anda tahu kalau instagram tersebut memiliki pengguna aktif rata-rata adalah wanita, jadi jika anda yang akan memulai sebuah bisnis bisa membaca peluang bisnis apa yang cocok dan produk seperti apa yang akan anda pasarkan nantinya dengan melihat mayoritas costumer seperti hal tersebut.