Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Caption yang Efektif Untuk Bisnis Agar Menarik

Bismillah, Assalamualaykum Sahabat VitraCoeg.my.id
DAFTAR ISI [Tampil]

Tips membuat caption yang efektif untuk bisnis banyak dicari sekarang yang sudah para pengusaha. Ini karena dalam membuatnya tidak boleh sembarangan. Tulisan yang mengiringi postingan di media sosial sebisa mungkin harus menggiring siapapun yang melihatnya untuk tertarik membeli produk.


Dalam beberapa tahun belakangan ini, media sosial memang sudah menjadi salah satu sarana pemasaran bisnis yang banyak digunakan. Hampir setiap merk besar maupun kecil sekarang ini punya akun sosial media resmi. 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan sosial media untuk keperluan bisnis yaitu segi kontennya. Isi yang disajikan haruslah relevan serta berhubungan dekat dengan customer maupun audience. Sehingga, sosial media itu bisa terus berkembang.


Tips Membuat Caption yang Efektif untuk Bisnis Anda

Tips membuat caption yang efektif untuk bisnis memang penting dipahami oleh mereka yang lebih berfokus pada penjualan di dunia internet, terutama sosial media. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam pembuatannya seperti berikut: 

  • Perlihatkanlah Brand Personality Bisnis

Sebelum Anda membuat caption untuk media sosial sebaiknya harus mengenali teknologi identitas brand Anda. Kenali bagaimana Anda ingin orang-orang melihat produk? Apakah menjadi merek yang serius, santai, formal, atau cenderung julid bahkan nakal?

Anda bisa menentukan pesan apa yang ingin disampaikan ke konsumen. Misalnya, jika ingin menjual produk kopi dengan target anak muda, maka gunakanlah caption yang santai dan kekinian.

  • Hindari Penggunaan Caption Terlalu Panjang

Caption yang Anda tuliskan di media sosial tidak perlu panjang. Cukup dengan membuat kalimat yang jelas, singkat dan padat. Di dalamnya ada pemicu yang akan membuat audiens ingin terus menyimak atau membaca konten yang ditampilkan. Dengan demikian, peluang agar dibaca sampai selesai akan semakin besar.

Di satu sisi, caption yang terlalu panjang membuat orang malas untuk membacanya. Jadi, tips membuat caption yang efektif untuk bisnis gunakan caption dengan kalimat-kalimat pendek saja namun efektif.

Mengenali Sudut Demografi Pembaca atau Follower Media Sosial

Sekarang ini, hampir di semua media sosial sudah dilengkapi dengan fitur insight atau wawasan. Di sini bisa diketahui bagaimana demografi berikut maupun orang yang suka konten Anda.

Anda dapat mengenali dari mana asal, jenis kelamin, rata-rata usia pengunjung dan yang menyimak konten. Informasi ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat caption yang sesuai dengan rata-rata demografi tersebut.

  • Memakai Kalimat Call To Action

Kalimat call to action menjadi tips membuat caption yang efektif untuk bisnis lainnya. Ini merupakan kalimat yang bisa mempengaruhi perilaku audience atau pembaca. Di sini, kita bisa meminta mereka melakukan hal apapun yang diperintahkan.

Contohnya, Anda ingin membuat konten yang bertujuan mengajak orang-orang agar tag teman mereka di kolom komentar. Maka, cara menyampaikan kalimat call to action harus diperintahkan supaya mereka melakukannya.

Tidak hanya sebatas untuk meminta follower mengajak kontribusi berupa komentar saja. Lebih dari itu, bisa juga tanyakan untuk mendownload aplikasi kamu mengunjungi situs, mengunjungi outlet dan lain-lain.

  • Memakai Hashtag dan Emoji Relevan

Menggunakan hashtag dilakukan supaya konten Anda mendapatkan engagement lebih baik. Sementara gitu, emoji digunakan supaya caption lebih ekspresif. Walaupun terkesan sederhana, pemakaian emoji akan membuat konten lebih kelihatan lucu dan menarik.

Tips membuat caption yang efektif untuk bisnis yang sudah dijelaskan tentu akan membuat postingan Anda lebih punya banyak kesempatan mendapatkan like dan komentar. Lebih dari itu, harapannya akan semakin meningkatkan peluang untuk closing. Semoga bermanfaat!